Sabtu, 03 September 2016

Roket SpaceX Meledak, Satelit Facebook Jadi Korban

Roket Falcon 9 meledak di Cape Canaveral Florida, dua hari sebelum peluncurannya ke luar angkasa. Ledakan ini terjadi saat SpaceX melakukan persiapan rutin sebelum peluncurannya. Peristiwa ini bermula dari uji api statis yang dilakukan SpaceX, namun tak disangka kejadian aneh terjadi. Alhasil, api menyambar roket secara seketika. Pihak SpaceX mengatakan tidak ada korban jiwa dalam ledakan tersebut. Lebih lanjut

mereka akan mengadakan investigasi besar-besaran untuk menyelidiki tragedi itu. "Penyebab masih belum diketahui," ujar Elon Musk, sang pendiri SpaceX. Ledakan tersebut juga direkam oleh sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi peluncuran. Dari video terlihat, api melahap bagian atas roket dengan cepat. Setelah itu, api langsung menjalar ke seluruh bagian roket dan menyebabkan ledakan. 



Ledakan ini juga turut menghancurkan satelit Amos-6 milik Facebook. Pasalnya, satelit tersebut rencananya akan dibawa terbang oleh Falcon 9. Satelit bernilai USD200 juta ini akan diorbitkan untuk menyediakan internet gratis bagi penduduk di Benua Afrika. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Jumat (2/9/2016).

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/09/02/56/1479461/roket-spacex-meledak-satelit-facebook-jadi-korban
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page