Jumat, 21 November 2014

Ternyata Gini Cara Kerja Remote TV

Bayangkan bila tidak ada remote control, Sahabat Orbit! Kamu harus menghampiri AC yang terletak di dinding atas untuk mengatur temperatur udara, atau tidak bisa santai menonton televisi dari tempatmu duduk untuk memindah-mindahkan channel televisi. Masih banyak lho perangkat elektronik yang menggunakan remote control. Teknologi ini cukup terlupakan, namun sangat membantu keseharian kita.

Ada dua jenis remote control, yakni remote control RT yang menggunakan gelombang radio dan remote control IR yang menggunakan infra merah sebagai penghantar kode perintahnya. Nah, yang sering kita gunakan adalah remote control IR, Sahabat Orbit!Kira-kira bagaimana cara kerjanya yah?

Untuk dapat memerintah peralatan elektronika lain, harus ada beberapa komponen lho.. Yakni transmitter, papan rangkaian serta tombol, dan reciever. Transmitter berfungsi sebagai pengirim perintah ke peralatan elektronika, berupa LED (light emiting diode) yang memancarkan sinar infrared atau infra merah. Umumnya berada di ujung atau di bagian depan remote yang diarahkan ke peralatan elektronika.

Papan rangkaian adalah sejumlah tombol-tombol di remote control, bentuk perintahnya tergantung dari tombol yang ditekan. Berisi rangkaian yang terintegrasi dalam IC (integrated circuit) yang membaca tombol yang ditekan, kemudian membangkitkan transmitter untuk mengirim sinyal sesuai perintah ke peralatan eletronika lainnya.


Sementara receiver adalah komponen yang terdapat pada alat elektronika yang menerima perintah, Sahabat Orbit! Receiver berupa fototransistor infra merah yang berperan mendeteksi pola sinyal infra merah yang dikirimkan remote control.

Cara kerjanya ialah, ketika kita memencet suatu tombol pada remote control, papan rangkaian akan membaca perintah sesuai tombol yang ditekan. Kemudian saat papan rangkaian sudah mengetahui perintahnya, hal itu akan membangkitkan transmitter untuk mengirim sinyal sesuai perintah.

Receiver yang ada pada peralatan elektronika lain pun akan mendeteksi perintah yang dikirim oleh transmitter, Sahabat Orbit! Yakni mendeteksi pola sinyal infra merah.

Sinyal infra merah tidak dapat dilihat oleh mata kita karena sinarnya tidak termasuk gelombang elektromagnetik pada spektrum cahaya tampak, namun dapat terbaca oleh receiver dan menerjemahkannya menjadi instruksi pada peralatan elektronika.

Jarak maksimal remote control sekitar 10 meter dari peralatan elektronik dan harus searah dengan receiver lho.. Penggunaan sinyal infra merah juga tidak dapat tembus dinding atau benda penghalang cahaya.

Sumber:
http://orbitdigital.net/article/lihat-nih-cara-kerja-remote-control
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page