Sabtu, 27 Agustus 2016

Tahukah Anda, Mengapa Mata Kucing Bersinar saat Gelap?

Pernahkah Anda melihat mata kucing pada malam hari? Ya, sebagian orang yang pernah melihatnya akan mendapati mata kuncing bersinar saat malam hari. Lalu mengapa mata kucing bisa bersinar saat malam hari? Kucing merupakan makhluk yang lebih aktif di dalam hari (nokturnal), sehingga ia diberikan kemampuan lebih pada indera penderangan dan penciuman dan juga matanya memiliki kemampuan khusus agar dapat melakukan aktivitas saat kondisi minim cahaya, seperti malam hari.

Dilansir Funsciencehub, Minggu (21/8/2016), mata hewan nokturnal seperti kucing mengandung zat yang disebut Tapetum Lucidum. Zat ini diposisikan di belakang retina mata, dan sebenarnya lapisan jaringan. Sel-sel rentina Anda sejatinya diaktifkan oleh kehadiran cahaya. Alhasil, dalam ketiadaan cahaya, mata tidak berfungsi dengan baik untuk melihat. 



Sekarang dalam kasus seperti kucing, lapisan Tapetum Lucidum ini yang merangsang cahaya eksternal. Sedikit cahaya, yang biasanya tidak cukup untuk Anda melihat tercermin oleh Tapetim Lucidum kembali ke retina untuk merangsang itu. Inilah sebabnya, mata kucing bersinar. Stimulasi yang mereka berikan membuat sel-sel retina menerima bahkan dalam situasi cahaya rendah, memungkinkan kucing untuk melihat.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/08/20/56/1468812/tahukah-anda-mengapa-mata-kucing-bersinar-saat-gelap
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page