Minggu, 22 Mei 2016

Lebih Kinclong, Mars Mendekati Bumi Akhir Pekan Ini

Menemukan Mars pada akhir pekan ini tak akan sulit karena Planet Merah akan terlihat lebih cerah dari biasanya. Ini artinya, Bumi dan Mars akan berada pada posisi terdekat dari satu sama lain. Menurut penjelasan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang diberitakan NPR, Minggu (22/5/2016), Mars sedang mengalami ‘oposisi’ di mana ia berlawanan dengan Bumi. Disebut oposisi oleh astronom zaman dulu yang lebih sentris ke Bumi

Posisi ini menggambarkan letak Mars dan Matahari sama-sama berlawanan arah dengan Bumi. "Yang keren adalah, sekarang kita mengerti bahwa Bumi adalah sebuah planet dan bahwa kita semua akan mengelilingi Matahari bersama-sama. Kita tahu itu berarti bahwa ini adalah jarak yang paling dekat dengan Mars," kata ilmuwan NASA, Michelle Thaller.

"Berarti, itu menjadi waktu terbaik untuk melihat Mars dari Bumi. Mars terbesar yang pernah kita lihat," lanjutnya.


Oposisi Mars terjadi sekitar dua tahunan, meskipun beberapa tahun planet lebih dekat daripada yang lain. Oposisi 2016 akan menjadi yang paling dekat dengan Planet Merah selama lebih dari satu dekade. Hubble telah mengambil keuntungan dari momen ini dengan memotret Mars lebih detail.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/05/21/56/1394477/lebih-kinclong-mars-mendekati-bumi-akhir-pekan-ini
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page