Jumat, 08 Maret 2024

6 Mahasiswa MBKM Prodi Fisika FMIPA UNM Melakukan Kunjungan ke Kampung Karts Rammang-Rammang Kabupaten Maros

Mahasiswa Semester 6 Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar melakukan kunjungan ke kampung Karts Rammang-Rammang Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros pada Jumat, 1 Juni 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 6 orang mahasiswa dari Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Keenam mahasiswa tersebut yaitu Syafiqatul Fuaday, Rezha Julyanti Ramba, Muh. Destisa Caprian, Putriani, Nurul Amelia Malik dan Herianto Kendek. .

Tujuan mahasiswa ke tempat tersebut adalah mengenal lebih jauh tentang proses terbentuk batuan Karts tersebut Dimana kita ketahui bahwa Karst merupakan sumber daya alam non hayati yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukannya membutuhkan waktu ribuan sampai 3 jutaan tahun. .

Rammang-rammang dikenal karena keindahan sungai yang berada pada sela-sela gugusan karst yang menjulang tinggi karena biasanya karst adalah lahan gersang dan tandus. Bentuk lahan Karst Rammang-rammang juga memiliki nilai keindahan karena bentukannya yang unik, yaitu berupa bukit-bukit 2 berbentuk kerucut, kubah, menara, dan gua dengan stalagmit serta stalaktit-nya. Kawasan karst kaya akan nilai-nilai ekonomi non tambang, antara lain kekayaan fenomena alam, keanekaragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan keanekaragaman budaya. Keindahan karst Rammang-Rammang tersebut merupakan perpaduan antara alam dan manusia, yang telah mampu menjadi magnet kuat untuk menjadikan karst Rammang-Rammang sebagai destinasi wisata yang di unggulkan Karst Rammang-rammang menyimpan banyak potensi di bidang wisata alam terutama panorama alami keindahannya, namun pemerintah daerah Kabupaten Maros belum melakukan kegiatan promosi karst RammangRammang dengan optimal, perlu dilakukan upaya promosi yang lebih intensif dan terfokus dengan mempertimbangkan aspek peluang pasar potensial wisatawan tanpa merusak karst rammang-rammang


Author: Syamsul Wahid S
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page