Senin, 30 Juni 2014

Ramadhan Beda Tapi Lebaran Sama

Sama seperti tahun lalu, Ramadhan 1435 Hijriah atau 2014 ini kemungkinan besar dimulai berbeda, tetapi diakhiri bersama. Artinya, Idul Fitri akan berlangsung serentak. Selama belum ada kriteria awal bulan hijriah yang disepakati semua organisasi massa Islam dan Pemerintah Indonesia, perbedaan akan terus berulang meski tidak terjadi setiap tahun. Sebagian organisasi massa Islam

yang memakai perhitungan terbentuknya hilal (wujudul hilal) sudah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu (28/6/2014). Sementara kalender pemerintah yang disusun berdasarkan kriteria kemungkinan terlihatnya hilal (imkan rukyat) menyebut 1 Ramadhan jatuh pada Minggu (29/6/2014).

Hilal yang jadi obyek penentu awal bulan hijriah adalah bulan sabit tipis yang terlihat sesaat setelah Matahari terbenam sesudah terjadi konjungsi (ijtimak). Hilal tak mungkin terlihat sebelum Matahari terbenam.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut konjungsi atau peristiwa saat bujur ekliptika Bulan sama dengan bujur ekliptika Matahari yang menandai datangnya bulan baru terjadi Jumat (27/6/2014) pukul 15.09 WIB atau 17.09 WIT.

Saat Matahari terbenam pada Jumat petang itu, ketinggian Bulan tertinggi di Indonesia ada di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, sebesar 0,40 derajat. Sudut elongasi atau jarak sudut Bulan dan Matahari 4,69 derajat.


Di tempat itu, Matahari terbenam pukul 17.48 WIB dan Bulan terbenam pukul 17.51 WIB. Artinya, umur Bulan sejak konjungsi hingga terbenam 2 jam 42 menit.

Kriteria terbentuknya hilal mensyaratkan awal bulan hijriah terjadi jika konjungsi yang terjadi sebelum Matahari terbenam dan Matahari tenggelam mendahului Bulan. Dengan data hilal itu, masyarakat pengguna kriteria itu menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu (28/6).

Adapun mereka yang memakai kriteria kemungkinan terlihatnya hilal mensyaratkan awal bulan hijriah terjadi jika ketinggian Bulan di atas ufuk minimal 2 derajat, sudut elongasi Bulan dan Matahari minimal 3 derajat, dan umur Bulan minimal 8 jam saat Matahari terbenam sesudah konjungsi.

Syarat itu diperoleh berdasarkan pengamatan hilal tahun-tahun sebelumnya. Ketentuan itu disepakati Menteri-menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) sehingga disebut kriteria MABIMS.

Berdasarkan ketentuan itu dan data hilal yang ada, hilal tak mungkin teramati pada Jumat (27/6/2014) petang. Akibatnya, umur bulan Syakban dibulatkan 30 hari dan 1 Ramadhan jatuh pada Minggu (29/6/2014).

Meski demikian, keputusan resmi 1 Ramadhan pemerintah masih menunggu keputusan sidang penetapan (isbat) Kementerian Agama, Jumat (27/6/2014) petang. Sidang itu untuk mendengarkan hasil pengamatan hilal di seluruh Indonesia.

Sumber:
http://sains.kompas.com/read/2014/06/26/1642043/Ramadhan.Beda.Lebaran.Sama
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page