Selasa, 06 September 2016

Mahasiswa Ini Wujudkan 'Helm Iron Man'

Lima mahasiswa dari universitas Berkeley Amerika Serikat membuat sebuah helm Iron Man yang dapat beroperasi melalui perintah suara penggunanya. Helm tersebut difungsikan sebagai helm keselamatan yang terinspirasi dari sebuah tokoh film. Adapun cara kerja dari sistem perintah helm tersebut ialah dengan mengenali pesan yang disampaikan oleh pengguna kemudian menerjemahkannya ke dalam sinyal perintah dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan instruksi yang disampaikan.

Dalam menerjemahkan perintah suara, kelima mahasiswa tersebut menggunakan sistem yang dinamakan BitVoicer untuk menghasilkan pola perintah yang tekoneksi dengan sebuah port audio Arduino. Beberapa pengukuran untuk mengenali suaranya antara lain frasa, frekuensi, dan input volume suara. Komponen yang terdapat pada helm membutuhkan sebuah kontrol melalui sinyal yang mengatur kecepatan dan pergerakannya. Di port Arduino, suara diolah untuk kemudian diterjemahkan menjadi sebuah perintah berupa sinyal yang mengakomodir semua perintahnya. 



Dari video yang diunggah di saluran YouTube, helm Iron Man tersebut diuji coba menggunakan beberapa perintah suara mulai dari membuka penutup depan, menyalakan lampu senter di samping kiri dan kanan, hingga menjalankan kipas angin kecil di bagian belakangnya. Saat uji coba, helm berfungsi dengan baik dan memiliki respon terhadap perintah suara yang cukup lancar. 

Meski begitu helm tersebut masih dalam tahap percobaan yang tersambung dengan beberapa kabel dan perlu pengembangan lebih lanjut untuk proses penyempurnaan.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/08/31/56/1477589/mahasiswa-ini-wujudkan-helm-iron-man
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page