Kamis, 08 September 2016

Apakah Venus Bisa Menjadi Planet Laik Huni

Singkatnya, bisa saja Venus menjadi planet laik huni di masa depan. Tapi untuk bisa dihuni oleh manusia tentunya tidak akan mudah. Sangat tidak mudah. Diperlukan perubahan yang sangat besar agar Venus bisa dihuni oleh manusia. Dan untuk mencapai semua itu, perkembangan teknologi di Bumi pun harus sudah sangat maju. Venus seringkali disebut juga “Saudara Kembar Bumi”. Keduanya memang memiliki kemiripan.

Massa Venus 4.869 x 1024 kg, hampir sama dengan Bumi yang massanya 5.972×1024 kg. Bukan cuma massa, ukuran keduanya pun hampir identik. Venus memiliki diameter 12.103,6 km sedangkan diameter Bumi, 12.756,3 km. Bahkan untuk kerapatan dan gravitasi permukaan pun keduanya hampir sama. Si bintang kejora juga diketahui memiliki atmosfer tebal mirip Bumi dan terbentuk dari materi yang serupa di waktu bersamaan dengan Bumi. Karena itu, kita mengenal keduanya sebagai bagian dari planet kebumian yang komposisi utamanya adalah batuan.

Tapi, jangan sekali-kali berpikir untuk bisa tinggal di Venus saat ini. Meskipun Venus merupakan kandidat yang menjanjikan sebagai hunian baru penduduk Bumi. Tapi, Venus bukanlah Bumi.

Venus adalah planet neraka! Planet yang satu ini luar biasa panas. Temperatur permukaannya 462º Celsius. Dengan suhu sepanas ini timbal, timah, dan seng pun bisa meleleh. Kondisi yang panas di Venus bukan hal aneh mengingat lokasinya yang jauh lebih dekat ke Matahari. Selain jarak, efek rumah kaca akibat atmosfer yang sangat tebal di Venus jadi penyebab lain panas ekstrim di planet ini. 

Atmosfernya yang tebal didominasi oleh karbondioksida dengan tekanan di permukaan 92 bar, mirip tekanan di kedalaman 1 km di bawah permukaan laut. Selain karbondioksida, atmosfer Venus juga mengandung nitrogen dan awan yang mengandung asam sulfat yang sangat korosif.

Atmosfer yang didominasi karbondioksida tentunya beracun bagi kehidupan yang kita kenal di Bumi. Planet ini tidak memiliki oksigen dan hanya ada sangat sedikit air.


Tak hanya itu. Satu hari di Venus sangat lama. Venus berotasi sangat lambat. Ia membutuhkan 243 hari Bumi untuk menyelesaikan satu putarannya. Bahkan sebelum satu hari di venus berakhir, satu tahun sudah berlalu, karena Venus mengitari Matahari hanya selama 224,7 hari di Bumi.

Jelas Venus sama sekali tidak laik huni untuk kehidupan yang kita kenal di Bumi. Planet ini tidak akan bisa menjadi planet laik huni dari proses alami.

Tapi, planet Venus masih menjadi salah satu kandidat sebagai planet yang bisa mendukung kehidupan seperti di Bumi suatu hari kelak.

Rekayasa Planet Venus
Agar planet Venus, si kembaran Bumi bisa mendukung kehidupan di Bumi, perlu dilakukan rekayasa planet atau terraforming. Tujuannya mentransformasi atau mengubah sebuah planet agar mirip Bumi dan bisa mendukung kehidupan yang kita kenal di Bumi. Dalam hal ini manusia.

Rekayasa yang perlu dilakukan tidak banyak. Tapi jelas tidak mudah. Ada beberapa perubahan penting yang harus dilakukan atau Venus tidak akan pernah jadi planet tujuan.

Mendinginkan Venus dari 462º C jadi 14º – 16º C.
Menurunkan tekanan atmosfer menjadi 1 bar. Meniadakan ekses karbondioksida dan senyawa beracun lainnya dari atmosfer
Menyediakan air.
Mempercepat rotasi Venus agar 1 hari hanya 24 jam
Tampaknya sederhana tapi tidak mudah dilakukan. Tapi sesungguhnya, butuh waktu yang panjang untuk bisa merekayasa Venus jadi mirip Bumi. Dan tentunya biaya yang tidak sedikit.

Ada dua ide besar tentang kolonisasi di Venus. Yang pertama membangun kolonisasi di permukaan Venus sebagaimana halnya di Bumi, dan yang kedua kolonisasi berupa kota melayang, 50 km di atas permukaan Venus.

Konsep kota melayang ini muncul karena pada ketinggian 50 km di atas permukaan Venus, tekanan sama dengan di Bumi yakni 1 bar. Di atas awan, terdapat kelimpahan energi surya dengan temperatur yang hangat antara 0 – 50º C. Atmosfer juga mengandung unsur utama bagi kehidupan seperti karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan belerang. Gravitasi juga memungkinkan manusia untuk bertahan.

Konsep yang menarik bukan? Tapi tetap saja ada persoalan yang harus dipecahkan untuk membuat Venus laik huni.

sumber:
http://langitselatan.com/2016/08/23/apakah-venus-bisa-menjadi-planet-laik-huni/
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page