Rabu, 25 November 2015

Ilmuwan Temukan Cara Bekukan Air Tanpa Lemari Es

Selama ini terdapat alat yang diketahui hanya untuk memanaskan elemen. Namun kini, alat tersebut ternyata bisa dimanfaatkan justru untuk membekukan cairan seperti air. Dilansir dari CNet, Jumat (20/11/2015), sebuah studi yang dipimpin oleh Paden Roder dari University of Washington telah menunjukkan bahwa laser ternyata bisa membekukan air. Alat berupa infrared laser mampu membekukan air hingga suhunya 20 derajat Celsius.

"Ini adalah contoh pertama dari sinar laser yang mendinginkan cairan seperti air dalam kondisi sehari-hari. Ini benar-benar sebuah pertanyaan terbuka tentang apakah ini bisa diaplikasikan karena biasanya air menjadi panas ketika terkena laser," kata penulis senior Peter Pauzauskie, asisten profesor ilmu dan teknik material.

Untuk mendinginkan air melibatkan penggunaan laser inframerah blue-shifted dan nanokristal dalam setetes air. Foton blue-shifted diserap oleh atom dalam kristal. Ketika atom melepaskan foton, energi yang lebih tinggi daripada foton yang masuk. Proses ini membuat panas meninggalkan tempatnya sehingga efektif menjadi pendingin kristal dan air di sekitarnya.


Hasil penelitian ini bisa diaplikasikan untuk observasi otak tanpa merusaknya. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki dan membagi sel, sehingga prosesnya bisa diamati lebih dekat.

"Hanya sedikit orang yang berpikir tentang bagaimana mereka bisa menggunakan teknologi ini untuk memecahkan masalah karena menggunakan laser untuk mendinginkan cairan belum mungkin dilakukan sebelumnya. Kami tertarik pada ide-ide ilmuwan lain atau bisnis yang mungkin dilakukan sebagai dampak penelitian ini," kata Pauzauskie.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/11/20/56/1252986/ilmuwan-temukan-cara-bekukan-air-tanpa-lemari-es
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page