Jumat, 17 April 2015

Efektifkah Ujian Nasional Secara Online ???

Dalam konteks perkembangan teknologi komunikasi, informasi dan informatika kian hari setiap hari semakin modern berkembang dengan canggih sendirinya. Dahulu kala kita sebagai insan manusia di muka bumi ini dalam hal berkomunikasi yang jauh menggunakan seekor burung dara, namun seiring dengan berkembangnya zaman sudah mulai tergantikan dengan alat telekomunikasi semakin modern untuk hal berkomunikasi, informasi dan informatika.

Indonesia sendiri dalam perkembangan zaman telekomunikasi melalui surat, pager, media cetak, media massa, media elektronik, media konvensional serta sekarang perlahan menggunakan media online / media baru (new media). Era keterbukaan informasi, Era digitalisasi modern telekomunikasi semakin cangggih dizaman sekarang ini masyarakat sudah mulai mudah dalam hal berkomunikasi, menghubungi rekan, relasi dan lain-lain.

Begitu juga media online / media baru (new media) di Indonesia zaman sekarang sudah mulai digunakan untuk melakukan Ujian Nasional di setiap sekolah seluruh Indonesia. Memang media online / media baru (new media) sangatlah mudah, cepat, akurat dan siapa pun bisa mengaksesnya.

Namun di sisi lain tentang media online / media baru (new media) dalam hal Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2015 sd 16 April 2015 diseluruh Indonesia sudah efektifkah…..? karena kalau tidak efektif menggunakan media online / media baru (new media) mental anak menjadi down, anak sekolah belum siap karena belum dipraktikkan semuanya melalui online, Kreo, Selasa (07/04/2015).


Memang kehadiran era online sangat mempersingkat waktu ujian nasional, namun masih banyak kendala-kendala yang sampai hari ini belum tuntas misalnya jaringan server komputer sedang down, ngehak, jaringan lambat, terjadinya praktik kecurangan kalau lewat media online, loh ko bisa terjadinya praktik kecurangan lewat online….? bisa dilakukan misalnya sianak yang akan mengikuti ujian nasional di sekolah tapi dirumahnya orang tuanya sudah memegang nomor kartu ujian nasional berserta pasword, nah si orang tua tersebut membukannya dan ikut membantu ujian nasional anaknya lewat online maka hal yang terjadi adalah anak pasti akan menerima nilai memuaskan padahal anak tersebut tidak mengerjakan ujian nasional, yang mengerjakan bapak atau ibunya lewat online.

Lalu didaerah pelosok Indonesia masih terkendala banyak hal yang lain karena di pelosok daerah Indonesia masih sulit dijangkau kehadiran media online / media baru (new media) sampai saat ini karena masih adanya hutan yang lebat, jurang yang dalam, jalan masih setapak tanah dan lainnya.

Oleh karena itu seharusnya Ujian Nasional diterapkan secara manual saja supaya tidak terjadinya kecurangan, siswa/ siswi siap, tidak down, dan untuk para siswa/ siswi yang akan mengikuti ujian nasional pada tanggal 13 April 2015-16 April 2015 selamat belajar, semangat ya, terus lah meraih sukses kejenjang yang tinggi, ulet, mempererat relasi.

sumber:
http://regional.kompasiana.com/2015/04/07/efektifkah-ujian-nasional-menggunakan-online-735966.html
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page