Sabtu, 19 November 2011

Apakah "Fisika Baru" ditemukan Di CERN?

Fisikawan yang bekerja pada percobaan LHCb di CERN laboratorium fisika partikel telah merilis suatu bukti yang dianggap memuaskan. Saat Berbicara pada Simposium Fisika Hadron Collider di Paris, Mat Charles dari Universitas Oxford di Inggris mempresentasikan suatu analisis data yang menunjukkan adanya suatu perkiraan charge–parity (CP). Sementara banyak data yang harus dianalisis untuk mengkonfirmasi hasil yang telah didapatkan, pekerjaan ini dianggap bisa membantu dalam menunjukkan adanya fisika baru di luar Model Standar dan membantu fisikawan memahami mengapa ada materi lebih dari antimateri di alam semesta. 
Salah satu percobaan yang dilakukan di Large Hadron Collider (LHC), LHCB dirancang untuk mempelajari fisika partikel mesons B yang mempunyai suatu quark. Mereke juga membuat meson jenis lainnya termasuk D0 – a charm quark and an anti-up quark yang merupakan anti partikel. Pada analisis yang terakhir fisikawan di LHCb mencoba mencari adanya peluruhan yang terjadi pada D0. 

Ada suatu tantangan ketika pengetesan akan adanya kesalahan CP yang dilakukan di LHC yang mana tumbukan proton – proton menghasilkan lebih dari 1% anti- partikel D0 lebih besar dari partikel D0, dan hal ini harus dimasukkan kedalam perhitungan kesalahan pada CP. Untungnya para fisikawan LHCb sudah menemukan cara yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page