Kamis, 19 Mei 2016

Kereta Hyperloop Bisa Melayang

Beberapa tahun yang lalu CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan sebuah ide yang bernama Hyperloop System yang secara mendasar merupakan sebuah metode baru dalam ranah transportasi. Teknologi ini bukanlah sebuah teknologi pada armada transportasi seperti bus, atau pun mobil, tetapi menghadirkan model transportasi baru berbentuk tabung. Seperti dilansir Ubergizmo, Selasa (10/5/2016)

teknologi sistem Hyperloop memiliki konsep layaknya sebuah kereta dan saat ini sebuah perusahaan tengah mengerjakan sebuah prototipe yang bergantung pada teknologi Passive Magnetic Levitation.

Varian teknologi tersebut saat ini sama seperti teknologi Maglev Tech yang ada pada moda tranportasi kereta massal di Jepang, China, dan Eropa. Meskipun begitu, perbedaan dari kereta cepat yang ada di beberapa negara tersebut ialah teknologi Hyperloop diklaim memiliki ongkos yang lebih murah dan lebih aman.


Teknologi Hyperloop tersebut bekerja layaknya sebuah kereta berbentuk tabung yang berjalan pada sebuah terowongan. Dalam terowongan tersebut tabung Hyperloop menghantarkan energi dari sistem magnetis yang ada pada rel di bawahnya. Dengan bantuan sistem magnetis tersebut maka kereta tabung tersebut seolah-olah mengambang saat berjalan.

Sumber inspirasi dari teknologi tersebut berasal dari sebuah jurnal seorang ilmuan bernama Dr. Richard Post yang menamainya The Inductract di tahun 2000.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/05/10/56/1384801/gunakan-teknologi-khusus-kereta-hyperloop-bisa-melayang
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page