Minggu, 24 April 2016

Baterai Super Bisa Di-Charge 100.000 Kali

Peneliti di University of California mengembangkan sebuah baterai yang memiliki durabilitas yang mumpuni. Baterai ini bisa dipakai terus menerus, cenderung awet hingga bisa melakukan charging (pengisian) hingga ratusan ribu kali. Dilansir Gizmodo, Kamis (21/4/2016), baterai inovatif ini akan berbeda dengan jenis lithium. Dijelaskan bahwa lithium bisa mengalami penurunan dan kemungkinan mengalami gagal dari waktu ke waktu.

Seiring berjalannya waktu, jenis lithium membuat pengisian daya ke dalam sel tidak lagi berjalan secara efektif. Untuk mengatasi problem tersebut, peneliti menciptakan baterai jenis baru.

Peneliti berpikir apakah nanowires (kawat nano) bisa membantu meningkatkan kapasitas baterai. Oleh karena nanowires memiliki area permukaan yang besar dalam volume yang kecil, memungkinkan baterai menahan jumlah daya yang besar saat digunakan sebagai elektroda.


Meskipun demikian, baterai itu bisa sangat rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh 'dendrites' dari lithium. Terkini, dengan peneliti yang dikembangkan University of California, memungkinkan nanowire menggunakan itni emas tipis, yang mengelilingi lapisan 'manganese dioxide' dan gel elektrolit menyerupai Plexiglas.

Dalam waktu tiga bulan pengujian, tim menemukan bahwa mereka dapat melakukan pengisian daya. Ini dilakukan hingga lebih dari 200 ribu kali tanpa adanya kerusakan atau kekurangan dalam kapasitas.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/04/21/56/1369282/baterai-super-bisa-di-charge-100-000-kali
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page