Selasa, 22 Maret 2016

Merkurius, Planet yang Aneh dan Misterius

Untuk planet yang berukuran cukup kecil, Merkurius justru menjadi teka-teki yang sangat besar bagi para ilmuwan. Penelitian menggunakan wahana antariksa MESSENGER milik NASA telah mengungkapkan bahwa planet ini kaya akan unsur yang mudah menguap dari permukaan, seperti belerang, klorin, natrium dan kalium. Hal ini sangat aneh dan mengejutkan, karena zat semacam ini kemungkinan besar akan hilang selama proses pembentukan planet

apa lagi untuk planet yang berjarak begitu dekat dengan Matahari seperti Merkurius ini. Para ilmuwan saat ini juga bekerja keras untuk memahami mengapa Merkurius begitu gelap dan apa unsur-unsur yang ada dalam kerak planet ini. Penelitian para ilmuwan kini memang mulai mendapatkan jawaban, tetapi juga mengangkat banyak pertanyaan baru.

Pencarian Kerak Tertua

Jika Anda melihat permukaan Bulan, Anda akan melihat aliran lava gelap yang berada di sekitar dataran tinggi di permukaannya yang nampak lebih cerah. Dataran tinggi tersebut adalah kerak tertua di Bulan dan terbentuk dari tumpukan kristal yang disebut anorthite, yang naik ke atas lautan magma global pasca-kelahiran Bulan beberapa miliar tahun yang lalu.


Tapi jika Anda melihat Merkurius, seperti citra yang terlihat selama selama kampanye orbital MESSENGER tahun 2011-2015, Anda akan melihat tidak ada hal seperti di Bulan, tidak ada wilayah yang cerah atau terang, alias semuanya gelap.

Ya, permukaan Merkurius gelap di mana-mana. Tampilan gelap dari planet Merkurius disinyalir berasal dari 'hujan' debu komet yang seakan 'mengecat' permukaan Merkurius selama miliaran tahun lamanya. Awalnya, para peneliti penasaran mengapa Merkurius jauh lebih kelam dari sang Bulan dan hanya merefleksikan sepertiga dari jumlah sinar yang dipancarkan oleh Bulan.

Berdasarkan pengamatan wahana antariksa MESSENGER, NASA mengungkap permukaan Merkurius mengandung zat besi yang kurang dari dua persen. Padahal, banyak benda antariksa tak berangin bisa berwarna gelap karena mengandung zat besi.

sumber:
http://www.infoastronomy.org/2016/03/merkurius-planet-yang-aneh-dan-misterius.html
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page