Senin, 21 Maret 2016

Deretan Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia

Ilmuwan salah satu orang yang ikut andil dalam kehidupan manusia saat ini. Pasalnya ia mampu menemukan hal-hal baru, sehingga mempermudah kehidupan masyarakat. Ilmuwan sendiri ternyata telah ada sejak peradaban muslim. Dan, ada beberapa ilmuwan muslim yang memiliki pengaruh terhadap dunia. Berikut ini ilmuwan muslim berpengaruh dunia yang dikutip dari "1001 Penemu dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim"

Abbas bin Firnas

Pria yang tinggal di Cordoba ini terkenal karena menciptakan mesin terbang, gelas dan Kristal, serta planetarium kaca yang lengkap dengan petir dan kilatan buatan.

Al-Asthurlabiyah

Ia terkenal karena membuat astrolabe yang sangat akurat. Alat ini menggunakan bantuan Matahari dan bintang untuk menghitung waktu dan menunjukkan arah.



Al-Jazari

Pria yang tinggal di Diyarbakir (sekarang wilayah Turki) berhasil menciptakan jam dan pompa air. Selain itu ia juga merancang alat mekanik seperti poros engkol menggunakan robotika.

Al-Kindi

Pria yang lahir sekira 801 di Kufa, Irak ini terkenal berkat membuat kemajuan di bidang matematika (dia mengembangkan geometri lingkaran), musik, dan banyak bidang ilmu lainnya. Ia juga menerjemahkan buku-buku ke dalam bahasa Arab.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/03/17/56/1338695/deretan-ilmuwan-muslim-berpengaruh-di-dunia-1
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page