Minggu, 17 Januari 2016

Ilmuwan Akhirnya Temukan Gelombang Gravitasi?

Dikatakan bahwa riak dalam struktur ruang dan waktu telah tercipta oleh setiap objek besar di alam semesta, namun puluhan tahun pencarian para ilmuwan belum pernah melihat fenomena ini. Itu bisa saja berubah. Banyak rumor menyebar di kalangan fisikawan bahwa para ilmuwan telah mendeteksi gelombang gravitasi untuk pertama kalinya, satu abad setelah teorinya diusulkan oleh Albert Einstein.

Diyakini sebuah percobaan yang disebut Advanced Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory (Ligo) telah mengambil sinyal dari gelombang-gelombang ini hanya beberapa bulan setelah dimulai.

Jika bisa dikonfirmasi, penemuan ini dapat merevolusi fisika dan astronomi dengan memberikan cara yang sama sekali baru mengamati alam semesta.

Gelombang gravitasi pada dasarnya berupa riak dalam ruang dan waktu yang menyebar keluar dari objek dengan jumlah gravitasi yang besar ketika bergerak melalui ruang.

Peristiwa seperti tabrakan antara dua lubang hitam, dapat membuat perubahan besar seperti lengkungan ruang-waktu, dan riak ini dapat tersebar di seluruh alam semesta.


Para ilmuwan berharap bahwa dengan mendeteksi gelombang ini, dimungkinkan untuk melihat bagian dari alam semesta yang masih tersembunyi dari teleskop konvensional yang menggunakan cahaya, gelombang radio, dan sinar-X.

Dr Lawrence Krauss, seorang ahli fisika teoritis di Arizona State University, mengatakan ia telah menerima konfirmasi independen dari keberhasilan tim Ligo ini.

"Tetap menanti! Gelombang gravitasi mungkin telah ditemukan! Sangat menarik," kata Krauss dalam sebuah posting di laman Twitter yang dikutip Daily Mail, baru-baru ini.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/01/14/56/1288326/ilmuwan-akhirnya-temukan-gelombang-gravitasi
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page