Rabu, 16 Desember 2015

Bukit Pasir Ditemukan di Mars

Robot penjelajah Mars bernama Curiosity rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, berhasil mengabadikan gambar bukit pasir pertama Mars. Rover menemukan bukit pasir tersebut saat melakukan perjalanan naik ke gunung pasir berlapis. Bukit pasir Mars merupakan bagian dari ‘Bagnold Dunes’, yang berlangsung di sisi barat laut Mount Sharp di dalam Gale Crater. Curiosity berencana untuk mengambil sampel pasir dari bukit, filtering pasir untuk pemeriksaan di laboratorium.

Sebagaimana diberitakan Daily Mail, Minggu (13/12/2015), dengan mengamati bidang bukit dari orbit, astronot bisa menentukan tepi bukit pasir bergerak hingga tiga kaki per Earth years. Curiosity menggunakan rodanya serta payload sains-nya untuk menyelidiki pasir yang membentuk bukit aktif di Mars.

Gambar menunjukkan permukaan bergelombang di ‘High Dune’, diambil oleh Curiosity Mast Camera, dan telah disesuaikan sedikit menyerupai kondisi siang hari di Bumi. Belum lama ini, robot eksplorasi Mars Rover NASA menggali pasir sedalam lebih dari 10 cm secara lembut.


Material pasir yang terbawa angi membentuk gelombang di wilayah Mars Meridiani Planum selama 446 hari Mars atau sol (April 26, 2005).

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/12/12/56/1266206/bukit-pasir-ditemukan-di-mars
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page