Senin, 23 November 2015

NASA Kembangkan Laptop Pelacak Kehidupan Alien

Ilmuwan dilaporkan bekerja dengan Badan Antariksa, NASA, untuk mengembangkan alat yang disebut Chemical Laptop. Alat kembangan NASA yang disebut Chemical Laptop itu bisa membaca sampel material pada tubuh kosmik lainnya dan mencari tahu tanda kehidupan asing. Sebagaimana dilaporkan Mashable, Jumat (20/11/2015), laptop ini dirancang untuk mengambil sampel cairan dan mencampurnya dengan pewarna yang akan menempel pada amoni dan fatty acids

“Perangkat kami adalah analisa kimia yang bisa deprogram seperti laptop untuk melakukan fungsi yang berbeda,”Fernanda Mora, ahli teknologi NASA Jet Propulsion Laboratory, yang membantu mengembangkan alat Chemical Laptop.

Dibanding dengan laptop pada umumnya, laptop NASA ini memiliki perbedaan aplikasi untuk perbedaan analisa seperti amino dan fatty acids. Itu terdengar simple namun hal itu cukup bekerja dengan baik. Amino dan fatty acids, keduanya merupakan kunci kehidupan seperti yang kita kenal, misalnya protein terbentuk dari asam amino, sedangkan fatty acids ditemukan dalam membran sel.

Akan tetapi, keduanya bisa terbentuk di alam tanpa adanya kehidupan, artinya adanya dua hal itu sendiri bukanlah tanda pasti aktivitas makhluk asing. Karena kompleksitas ini, Chemical Laptop dirancang untuk membedakan antara biologis buatan dan alami dari acids atau asam.


Para ilmuwan telah menemukan bahwa amino acids bisa menjadi right handed atau left handed. Di Bumi, sebagian besar amino acids ditemukan memiliki karakteristik left handed, standard yang kemungkinan telah ditentukan ketika kehidupan pertama dimulai.

“Jika tes menemukan 50-50 campuran amino acids left handed dan righ handed, kami bisa menyimpulkan bahwa sampel mungkin bukan berasal dari biologis,”Jessica Creamer, postdoctoral NASA di Jet Propulsion Laboratory dalam pernyataan seperti dilansir Mashable, Jumat (20/11/2015).

Bila kami menemukan kelebihan left atau right handed, itu akan menjadi tiket emas bagi NASA. Hal itu akan menjadi bukti terbaik sejauh ini adanya kehidupan di planet lain. Menurut Creamer, lantaran alat ini bergantung pada sampel cair, bisa ideal untuk digunakan di Eropa.

Para ilmuwan telah berpikir panjang, sehingga Eropa bisa menjadi pelabuhan kehidupan mikroba. Laptop hanya membutuhkan sedikit lelehan es untuk bisa menjalankan sampel melalui sistem.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/11/19/56/1252383/nasa-kembangkan-laptop-pelacak-kehidupan-alien
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page