Kamis, 13 Agustus 2015

Ilmuwan Akan Temukan Alien dengan Smartphone Android

Stephen Hawking dan ilmuwan asal Rusia bernama Yuri Milner pada Senin ini mengonfirmasikan telah menjalin kerjasama untuk sebuah proyek pencarian kehidupan alien. Proyek senilai 100 juta dolar itu nyatanya juga akan melibatkan smartphone berbasis Android untuk berkomunikasi dengan para alien nantinya. Mengutip dari Geek, Sabtu (25/7/2015), proyek bernama Breakthrouh Listen itu diketahui akan menggunakan dua teleskop dunia yang paling kuat

untuk memindai kehidupan di seluruh alam semesta. Teleskop Parkes di New South Wales dan Teleskop Green Bank Robert C Byrd di West Virginia akan mampu memindai kehidupan tak kurang dari 10 galaksi dan spektrum radio lima kali lebih besar.

Namun, satu hal yang membuat proyek ini semakin mengesankan ialah penggunaan aplikasi berbasis Android di dalamnya. Warga sipil nantinya dapat berpartisipasi dalam proyek pencarian mahluk asing milik mereka dengan menggunakan aplikasi bernama BOINC. Pemburu alien sipil dapat meminjamkan ponsel mereka untuk memproses data yang terkumpul dalam teleskop.


Aplikasi ini hanya akan bekerja jika smartphone Android terkoneksi dengan WiFi, sehingga tidak akan menguras daya tahan baterai juga kuota data penggunanya. Selain Android, aplikasi BOINC juga dapat dijalankan pada PC berbasis Mac, atau sistem Linux.

Aplikasi ini menggunakan kerangka Berkeley Open Infrastructure for Computer Networking yang telah digunakan di dunia ilmiah sejak lama untuk memilah dan mengolah informasi. Sebelum lahirnya proyek Brekthrough Listen besutan Hawking dan Milner, misi pencarian kehidupan alien telah dilakukan sejak 1980-an oleh lembaga bernama Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI).

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/07/25/56/1185371/ilmuwan-akan-temukan-alien-dengan-smartphone-android
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page