Senin, 10 Agustus 2015

Drone Dapat Hancurkan Pesawat Terbang

Keluarnya Peraturan Kementerian Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 mengenai ketentuan pengoperasian pesawat tanpa awak atau drone disambut baik sejumlah pihak. Drone diklaim membahayakan penerbangan pesawat dan menghancurkan pesawat. Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengatakan, drone ataupun pesawat tanpa awak yang dioperasikan dari jarak jauh berpotensi berbahaya bagi pesawat yang tengah terbang.

Di luar negeri seperti Eropa dan Amerika Serikat, telah membuat peraturan khusus untuk drone. “Tak hanya drone di sini, pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh pun berpotensi membahayakan bagi pesawat karena jika drone atau pesawat tanpa awak tersebut terbang di jalur penerbangan atau pendaratan, maka drone dapat menabrak pesawat,” ujar Alvin saat dihubungi Okezone, Rabu (5/8/2015).

Meski drone berukuran jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan pesawat komersial, namun efek yang ditimbulkan drone jika bertabrakan dengan pesawat sangat fatal dan berbahaya.


“Masalahnya ialah jika drone dan pesawat saling bertabrakan, bukan hanya drone yang hancur namun juga pesawat dan itu sangat membahayakan walaupun saat ini di Indonesia sendiri belum pernah terjadi hal seperti itu, namun ada baiknya hal tersebut dicegah sebelum terjadi,” tambah Alvin.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/08/05/56/1191000/drone-dapat-hancurkan-pesawat-terbang
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page