Rabu, 27 Mei 2015

Pelajar Indonesia Sabet Penghargaan Riset Sains Tingkat Dunia

Pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan memperoleh penghargaan di kancah internasional melalui ajang Intel International Science and Engineering Fair 2015. Ajang tersebut merupakan kompetisi riset sains tingkat SMA terbesar di dunia yang dihelat oleh Intel. Tiga tim pelajar dari Indonesia mendapatkan penghargaan untuk kategori Matematika, Ilmu Material dan Kimia. Tim pelajar Indonesia ini berasal dari Bali, Surakarta dan Kalimantan Barat. 

Mereka adalah I Dewa Gede Ary Palguna dan I Kadek Sudiarsana dari SMAN Bali Mandara Singaraja, Luca Cada Lora dan Galih Ramadhan dari Surakarta SMA Negeri 1 Surakarta, serta adalah Shinta Dewi dan Hansen Hartono Perwakilan dari SMA Katolik Gembala Baik di Kalimantan Barat.

I Dewa Gede bersama rekannya menerima Penghargaan Keempat dalam kategori untuk karya ilmiah mereka berjudul “Motifs Development of Gringsing Sarong”. Sementara Luca Cada Lora dan tim, meraih penghargaan Keempat untuk kategori Ilmu Material melalu karya ilmiah yang berjudul “Packed VolcASH: An Inorganic Nature of Heavy Metals Absorbent”.

Terakhir, Shinta Dewi bersama Hansen Hartono berhasil menyabet Sertifikat Penyebutan Terhormat (Honorable Mention) dalam kategori Kimia untuk karya ilmiah mereka berjudul ‘Bagasse-Based Activities Carbon as Effective Adsorbent for Heavy Metal Contamination from Industrial Activities (Case Study: Gold Mining Area in Mandor River, West Kalimantan.

Corporate Affairs Director Intel Corporation, Deva Rachman, mengatakan Intel meyakini bahwa anak muda adalah kunci dari inovasi masa depan dan dalam rangka menghadapi tantangan global di masa depan. “Kami membutuhkan pelajar dari berbagai latar belakang untuk terlibat dalam bidang sains, teknologi dan matematika,” ucap Deva dalam keterangan resminya kepada Okezone, Senin (18/5/2015).


Deva berharap para pemenang bisa memberikan inspirasi kepada anak muda lainnya untuk mengejar minat mereka di bidang-bidang ini dan menuangkan segala keingintahuan, kreativitas dan kecerdasan mereka untuk kebaikan banyak orang.

Tahun ini Intel International Science and Engineering Fair menampilkan 1.700 ilmuwan muda terpilih dari 422 acara serupa terafiliasi di lebih dari 75 negara, kawasan maupun teritori.

Selain pemenang utama, sekitar 600 finalis menerima penghargaan dan hadiah untuk penelitian mereka yang inovatif, termasuk pemenang 20 “Katergori Terbaik” dan masing-masing menerima hadiah sebesar USD5 ribu

Yayasan Intel juga memberikan penghargaan berupa bantuan dana sebesar USD1.000 kepada sekolah dari pemenang berikut kompetisi terafiliasi yang diwakili mereka.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/05/18/56/1151537/pelajar-indonesia-sabet-penghargaan-riset-sains-tingkat-dunia
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page