Sabtu, 10 November 2012

Planet Superman Berhasil Ditemukan

Dalam action comics Superman #14 dikisahkan bahwa Superman menemukan planet kampung halamannya. Penemuan "rumah" Superman yang dikenal dengan planet Krypton itu tak lepas dari peran astrofisikawan Hayden Planetarium, New York, Neil deGrasse Tyson. Bagaimana planet tersebut ditemukan? Tyson melihat beberapa fakta yang ada dalam komik Superman untuk menemukan planet itu. Pertama, fakta bahwa planet Krypton mengalami kehancuran. Hal itu disebabkan ketidakstabilan pada inti planet.


Fakta kedua adalah Superman yang berusia 27 tahun. Tyson mengungkapkan, hal itu bisa jadi petunjuk bahwa jarak antara Bumi dan planet itu kemungkinan besar sekitar 27 tahun cahaya.

Ketiga, fakta bahwa bintang di dunia Superman memiliki ukuran lebih kecil dari Matahari. Tyson menuturkan, kemungkinan besar, bintang yang dilihat Superman di dunianya adalah bintang katai merah.

Dari fakta-fakta tersebut, Tyson menganalisis data yang didapatkan dari beragam misi pencarian planet. Ia berusaha menemukan bintang katai merah di jarak 27 tahun cahaya dari Bumi. Akhirnya, ditemukanlah bintang LHS 2520.

Karena planet Krypton dideskripsikan mengorbit bintang katai merah pada jarak itu, maka planet itu sejatinya eksis di tata surya yang berinduk pada LHS 2520.

Apakah planet Krypton benar-benar ada?

Apa yang dilakukan Tyson sebenarnya adalah mendeteksi bintang tempat planet Krypton dalam komik Superman mungkin eksis. Bintang LHS 2520 sendiri memang ada dalam alam semesta nyata. Bintang ini bisa diobservasi di langit malam.

Untuk planet Krypton sendiri, hingga saat ini belum ada yang menemukan keberadaannya di semesta nyata. Tetapi, penemuan planet seperti yang diceritakan dalam komik Superman bukan tak mungkin.

Video tentang cara penemuan lokasi planet Krypton bisa dilihat di situs Space.com.



Sumber :
SPACE.COM
http://sains.kompas.com/read/2012/11/09/09491795/Bagaimana.Planet.Superman.Ditemukan

Editor :
yunan
Syamsul wahid s
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page