Jumat, 25 November 2011

5 Misteri Besar Planet Mars

Sebagaimana kita ketahui bahwa mars adalah bintang api, hal ini dikemukakan oleh para astronom china kuno. Para ilmuwan masih menyimpan segudang pertanyaan seputar planet merah tersebut. Bahkan setelah puluhan pesawat ruang angkasa di kirim kesana. Masih banyak hal – hal yang tidak diketahui dan tidak mampu dijelaskan oleh para ilmuwan tentang planet tersebut. jadi banyak misteri - misteri dari planet mars ini yang belum terungkap kebenarannya, Adapun 5 misteri – misteri besar mengenai planet mars tersebut diantaranya: 

  1. Mengapa Mars memiliki dua sisi? Para ilmuwan masih bingung memikirkan perbedaan antara dua sisi Mars selama beberapa dekade. Belahan utara planet yang datar serta halus dan rendah itu adalah salah satu tempat paling datar di tata surya, berpotensi dibuat oleh air yang pernah mengaliri permukaan Mars. Sementara itu, bagian selatan dari permukaan Mars kasar dan permukaannya berkawah-kawah, dimana sekitar 4 km sampai 8 km lebih tinggi dari cekungan utara. Bukti terbaru menunjukkan perbedaan besar yang terlihat antara belahan utara dan selatan planet ini disebabkan oleh tumbukan batu ruang angkasa. 
  2. Dari mana sumber metana di Mars? Metana - molekul organik sederhana - pertama kali ditemukan di atmosfer Mars oleh Badan Antariksa Eropa pesawat ruang angkasa Mars Express pada tahun 2003. Di Bumi, banyak dari sumber metana bisa diproduksi dengan adanya beberapa faktor yang mendukunya, seperti sapi mencerna makanan. Metana diduga menjadi stabil di atmosfer Mars hanya sekitar 300 tahun Namun, ada cara untuk menghasilkan metana tanpa adanya faktor kehidupan yang mempengaruhi ,seperti aktivitas vulkanik. ExoMars pesawat ruang angkasa ESA direncanakan diluncurkan pada tahun 2016 yang akan mempelajari komposisi kimia dari atmosfer Mars serta mempelajari lebih lanjut tentang metana ini. 
  3. Apakah air mengalir dalam bentuk cair di permukaan Mars sekarang? Meskipun sejumlah besar bukti menunjukkan bahwa air dalam bentuk cair pernah menghilang di permukaan Mars, hal itu tetap merupakan pertanyaan yang masih dicoba diterka oleh para imuwan, 
  4. Apakah ada lautan di planet Mars? Banyak misi ke Mars telah mengungkapkan sejumlah fakta di Planet Merah yang menyebutkan bahwa pernah ada air yang mengalir di permukaannya. Hal ini menunjukkan apa yang tampak sebagai lautan yang luas, jaringan lembah serta delta sungai. 
  5. Apakah kehidupan di Bumi dimulai di Mars? Meteorit ditemukan di Antartika yang diperkirakan berasal dari planet mars, hal ini diperkirakan terjadi karena dampak kosmik yang memiliki struktur yang mirip yang dibuat oleh mikroba di Bumi. Meskipun banyak penelitian sejak saat itu menjelaskannya secara kimia dari pada memberikan penjelasan secara biologis untuk struktur ini, perdebatan ini pun terus berlanjut.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page