Jumat, 27 Oktober 2023

Dosen Jurusan Fisika FMIPA UNM Gelar Pelatihan Penyusunan Soal Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Bagi Guru Fisika Se-Kabupaten Gowa

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diberlakukan di seluruh wilayah Republik Indonesia maka diperlukan perencanaan, pelaksanan, hingga evaluasi pembelajaran. Salah satu kemampuan yang sangat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran adalah kemampuan guru dalam membuat soal-soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis peserta didik. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru fisika di daerah Kabupaten Gowa dalam menyusun soal berorientasi keterampilan berpikir kritis untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kompetensi guru-guru Fisika dalam menyusun soal-soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis kemudian guru-guru juga nantinya sudah bisa mengkategorikan soal-soal yang termasuk dalam ketegori soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan soal yang termasuk dalam kategori soal LOTS (Lower Order Thinking Skill) di Kabupaten Gowa khususnya.

Berangkat dari hal tersebut, Tim PKM Jurusan Fisika FMIPA UNM melakukan kegiatan dengan tema “Pelatihan Penyusunan Soal Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Bagi Guru Fisika Se-Kabupaten Gowa” pada tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar. Adapun kegiatan ini diketuai oleh Dr. Khaeruddin, M.Pd. serta anggota Syamsul Wahid S, S.Pd., M.Pd.

Target kegiatan ini adalah guru-guru Fisika di Kabupaten Gowa. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 43 Guru. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan yaitu dengan terlebih dahulu memberikan materi dengan memperkenalkan tentang soal-soal yang termasuk dalam kategori HOTS (Higher Order Thinking Skill), Kemudian melakukan diskusi dan tanya jawab kepada peserta terkait dengan materi yang telah disampikan Tim Pengabdi selanjutnya memberikan tugas mandiri kepada peserta untuk melatih mereka dalam mebuat soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis.

Pada kegitan ini mitra berperan aktif dalam hal menyiapkan tempat di salah satu sekolah di SMP Negeri 1 Sungguminasa di Kabupaten Gowa. Hal ini tentu saja sangat memudahkan semua pekerjaan Tim pengabdi dalam melaksanakan kegiatan ini, selain itu mitra memfasilitasi kegiatan sampai terlaksana dengan baik dan juga Tim Pengabdi juga merasa sangat terbantu dengan adanya koordinasi dari Mitra terhadap guru-guru fisika di Kabupaten Gowa untuk mengikuti pelatihan ini. Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias sehingga aktif dalam memberikan respon pada saat sesi tanya jawab. Mitra menyambut baik pelatihan yang diberikan hal ini terlihat dari sikap para mitra yang selalu bersikap baik dan ramah kepada Para Tim Pengabdi.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Tim Pengabdi setelah dilakukannya pelatihan diketahui pengetahuan dan pemahaman guru-guru se-kabupaten Gowa dalam menyusun soal-soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis meningkat dan keterampilan serta kompetensi guru-guru dalam menyusun soal-soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis meningkat.

Author: Syamsul Wahid S
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page