Rabu, 24 Februari 2016

Kapan Awal Mula Oksigen Muncul di Bumi?

Ilmuwan melakukan penelitian kapan oksigen (O2) mulai muncul di Bumi. Seperti diketahui, oksigen merupakan salah satu elemen penting untuk proses respirasi makhluk hidup. Dilansir Science20, Senin (22/2/2016), studi geologi terbaru berdasarkan data dari Western Greenland mengindikasikan bahwa tingkatan kecil dari oksigen atmosfer berkembang sekira 3,8 miliar tahun lalu. Data terbaru ini sekaligus menunjukkan kemunculan oksigen lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Ilmuwan menjelaskan, terjadinya oxygenation dari atmosfer Bumi muncul dalam dua tahap. Pertama, dinamakan Great Oxidation Event yang muncul 2,5-2,4 miliar tahun lalu. Tahap kedua, berkaitan dengan masa Late Neoproterozoic sekira 750 hingga 540 juta tahun lalu.

Waktu tersebut diyakini sebagai masa awal berkembangnya hewan atau disebut dengan istilah 'Cambrian explosion' pada 540-520 juta tahun lalu.

Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh Professor Robert Frei dari Department of Geoscience and Natural Resource Management di University of Copenhagen merilis studi terbaru mereka. Peneliti menganalisis Banded Iron Formations (BIFs) tertua dari Western Greenland.


Ilmuwan mendapatkan informasi pada komposisi dan kemunculan proses oxygenation atau pengurangan air laut . Kemudian, analisis lapisan BIF dari Western Greenland menunjukkan elemen yang membutuhkan kehadiran oksigen di atmosfer.

"Hal ini umumnya dipercaya bahwa awal Bumi sepenuhnya anoxic (keadaan tanpa oksigen), tetapi studi kami menunjukkan bahwa permukaan Bumi terekspos oksigen rendah pada masa itu (3,8 miliar tahun lalu). Hal ini telah jauh mencapai implikasi terkait bagaimana kita menyelidiki laju evolusi kehidupan dan keanekaragaman hayati di planet Bumi," jelasnya.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/02/22/56/1318653/kapan-awal-mula-oksigen-muncul-di-bumi
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page