Jumat, 26 Februari 2016

Ini Cara Kerja Penangkal Petir

Penyalur petir atau biasa dipanggil penangkal petir, merupakan suatu perangkat yang terdiri dari serangkaian jalur yang diperuntukkan sebagai jalan mengalirkan arus listrik petir menuju ke permukaan bumi. Perangkat ini bekerja agar petir tidak merusak bangunan yang telah dipasang penangkal petir. Alat ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu batang penangkal petir, kabel konduktor, dan tempat pembumian (grounding).

Batang penyalur petir umumnya terbuat dari tembaga, dan memiliki ujung yang runcing agar dapat memperlancar proses tarik menarik muatan listrik di bumi dengan muatan listrik yang ada di awan.

Saat muatan listrik negatif telah berkumpul pada bagian bawah awan, maka muatan listrik positif yang terdapat di tanah akan segera tertarik ke atas. Muatan listrik positif ini kemudian merambat naik melalui kabel konduktor dan berkumpul pada ujung batang penyalur petir.


Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap, daya tarik menarik antara kedua muatan akan semakin kuat, dan muatan listrik positif yang terdapat pada ujung-ujung penyalur petir akan tertarik ke arah muatan listrik negatif yang ada di awan.

Pertemuan kedua muatan listrik tersebut akan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik tersebut selanjutnya akan mengalir ke dalam tanah melalui kabel konduktor, sehingga aliran listrik tidak mengenai bangunan. Demikian dirangkum Okezone dari ‘Kisah 1001 Fata Science Tersuper di Dunia’, Senin(22/2/2016).

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/02/21/56/1317634/ini-cara-kerja-penangkal-petir
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page