Minggu, 22 November 2015

Ini Cara Astronot Bertanam di Luar Angkasa

Astronot Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, berusaha untuk menumbuhkan tanaman berbunga kali pertamanya di International Space Station (ISS). Menurut NASA yang dilansir TechRadar, Kamis (19/11/2015), astronot dan member crew Space Station Kjell Lindgren mengatur percobaan pertumbuhan tanaman pada Senin lalu, dan bila semua berjalan dengan baik, artinya tanaman itu akan menjadi bunga pertama yang tumbuh di ISS dan luar angkasa.

Bunga-bunga eksperimental, zinnias, sedang tumbuh di sistem pertumbuhan tanaman Veggie telah dibawa ke ISS pada April 2014. Agar tumbuhan itu bisa terus hidup, Lindgren menyalakan lampu LED merah, biru, dan hijau di sistem Veggie, serta mengaktifkan sistem air, nutrisi dan memonitor tanaman tumbuh.

Zinnias disinyalir mekar pada awal 2016, setelah 60 hari perkembangannya. Seperti diketahui, menumbuhkan tanaman di luar angkasa bukan merupakan cara mudah, sehingga diperlukan trik khusus seperti sistem Veggie.

Sistem Veggie sendiri sebelumnya digunakan untuk menumbuhkan selada dan tanaman berdaun lainya, tetapi bukan tanaman berbunga.


Hasil percobaan zinnias bisa membantu menentukan apakah tanaman berbunga lainnya dapat tumbuh di luar angkasa. “Perkembangan tanaman berbunga lebih menantang daripada pertumbuhan tanaman vegetative seperti selada,” kata Gioia Massa, ilmuwan NASA untuk Veggie.

NASA juga akan mengumpulkan data tentang bagaimana perilaku serbuk sari dalam lingkungan ISS, serta belajar bagaimana bunga dapat mempengaruhi semangat kerja members crew.

“Tumbuhnya tanaman zinnia akan membantu meningkatkan pengetahuan kita tentang bagaimana menanam bunga dalam sistem pertumbuhan Veggie, dan memungkinkan tanaman berbuah seperti tomat untuk tumbuh dan dimakan di luar angkasa menggunakan Veggie sebagai taman di orbit,” kata Trent Smith, Veggie program manager di Kennedy. NASA berencana untuk mulai mengembangkan tomat menggunakan sistem Veggie di ISS pada 2017.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/11/18/56/1251694/ini-cara-astronot-bertanam-di-luar-angkasa
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page