Jumat, 16 Oktober 2015

Ini Tantangan Terberat Manusia Hidup di Mars

Perjalanan ke Planet Mars sepertinya bukan lagi menjadi impian. Sebuah tim di Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah menyiapkan skenario agar manusia bisa hidup di Planet Mars. Apa tantangan terberat manusia hidup di Mars? Dalam video singkat berdurasi 1 menit 13 detik, NASA menunjukkan tantangan terberat manusia di Mars yakni radiasi. Video yang diunggah di video berbagi YouTube, tim NASA menyebut dampak dari radiasi kosmik, Selasa (13/10/2015).

Tim NASA menyebut, perjalanan menuju Mars membutuhkan waktu selama tiga tahun. Dalam jangka waktu perjalanan tersebut, manusia akan menerjang radiasi kosmik. Manusia yang ada di Bumi, tidak terkena radiasi kosmik karena bumi memiliki magnet untuk menangkalnya.

Sementara itu, dampak dari terpaan radiasi kosmik yakni gangguan kesehatan seperti kerusakan DNA, penurunan fungsi kemampuan otak, permasalahan dengan jantung, dan menyebabkan tumbuhnya kanker setahun setelah sampai di rumah.


“Tetapi saat ini kita bekerja untuk meminimalisir dampak tersebut. Saat ini, stasiun luar angkasa tengah melakukan penelitian dengan menggunakan sensor terbaru untuk memberi informasi mengenai radiasi kosmik tersebut,” kata salah seorang tim NASA di dalam video tersebut..

“Dan di Bumi, melalui NASA Space Radiation Laboratory (NSRL), kami melakukan penelitian untuk menangkal bahaya dari radiasi kosmik tersebut. Kita akan pergi ke mars, memang tidak mudah, namun dengan penelitian yang dilakukan saat ini, kita akan siap.”

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/10/13/56/1231121/ini-tantangan-terberat-manusia-hidup-di-mars
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page