Senin, 08 Juni 2015

Samudera Hambat Pemanasan Global

Selama satu dekade laju pemanasan global melambat dan suhu di permukaan bumi nyaris tidak berubah Kini ilmuwan menemukan, samudera menyerap energi panas dan menyimpannya di lautan dalam, kendati tidak untuk waktu lama. Selama 15 tahun terakhir Bumi mengalami perlambatan laju pemanasan global. Menurut ilmuwan, fenomena tersebut terjadi lantaran panas terjebak di lautan dalam samudera Atlantik dan perairan di sekitar benua Antartika.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, Science itu menyebut bahwa tren semacam itu akan bertahan selama 20-35 tahun. Setelahnya energi panas yang diserap oleh laut akan kembali ke permukaan dan memicu laju pemanasan global.

"Setiap pekan muncul penjelasan baru mengenai jeda pemanasan global," kata salah seorang peneliti yang terlibat, Ka-Kit Tung dari University of Washington. "Kami menganalisa data observasi di samudera untuk menemukan penyebabnya."

Pergeseran Panas
Tung dan Xianyao CHen dari Ocean Unversity di Cina mempelajari temperatur laut dalam dari sampel yang diambil dari kedalaman 2000 meter dari permukaan laut. Mereka menemukan, energi panas mulai turun ke dasar laut sejak tahun 1999, ketika laju pemanasan di abad ke-20 memasuki fase stabil.


Pergeseran panas ke lautan dalam menjelaskan kenapan suhu air di permukaan selalu stabil, "bahkan ketika gas rumah kaca memantulkan lebih banyak panas matahari ke permukaan bumi," kata para peneliti.

sumber:
http://www.dw.de/samudera-hambat-pemanasan-global/a-17871752
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page