Jumat, 12 Juni 2015

Robot NASA Tangkap Penampakan 'Matahari Biru' di Mars

Robot NASA, Curiosity mengambil gambar penampakan matahari biru atau sunset di Mars. Gambar ini ditangkap oleh Curiosity pada 15 April 2015. Dilansir Livescience, Kamis (14/5/2015), Curiosity menangkap pemandangan unik ini menggunakan instumen Mast Camera. "Warna ini datang dari fakta bahwa debu dalam ukuran yang tepat, sehingga cahaya biru menembus atmosfer lebih efisien," tutur Mark Lemmon, anggota tim sains Curiosity dari Texas A&M University.

Ia mengatakan, penampakan 'matahari biru' muncul saat debu terpapar oleh cahaya matahari serta angle yang tepat, yang ditangkap oleh kamera Curiosity. Gambar ini membantu ilmuwan untuk lebih memahami bagaimana debu terdistribusi melalui atmosfer Mars.

Seperti diketahui, tujuan Curiosity dikirim ke Mars ialah melakukan serangkaian penelitian untuk mengetahui adanya kehidupan di planet merah tersebut. Curiosity mendarat pada Agustus 2012 dengan misi mencari kehidupan mikroba.


Kini, robot dengan enam buah roda itu menjelajah kaki bukit dari Gunung Sharp. Lapisan batu pada Gunung Sharp diduga menyimpan sejarah dan mendukung untuk observasi Curiosity.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/05/14/56/1149819/robot-nasa-tangkap-penampakan-matahari-biru-di-mars
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page