Sabtu, 06 Juni 2015

Rahasia Aman Tersambar Petir ala Ilmu Fisika

Tentu bukan suatu hal yang diinginkan banyak orang untuk tersengat listrik dengan kekuatan 1,2 juta volt. Selain sangat menyakitkan, hal tersebut juga bisa berdampak besar pada kondisi tubuh, bahkan bisa mematikan. Namun melalui sebuah pendekatan ilmu fisika, hal itu bisa saja tidak terjadi dan bisa lebih aman. Melalui sebuah pendekatan ilmu fisika, Tesla Coil dikatakan sebagai alat yang bisa memberi rasa lebih aman untuk tetap hidup 

Tesla Coil, alat peraga yang dikembangkan Tim Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK), dibuat sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk mengetahui besaran tegangan tinggi listrik.

“Dibuatnya alat tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai tegangan tinggi, seperti petir, kilat, dan halilintar,” ujar Adit, petugas PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Alat peraga ini dibuat dengan bentuk yang sama dari alat transformasi resonansi sircuit yang memiliki kumparan tembaga. Tesla Coil dibuat untuk mengetahui besaran hasil tegangan tinggi, namun dengan arus bolak-balik yang sangat rendah dalam frekuensi tinggi.


Adit menjelaskan, alat peraga ini juga dilengkapi dengan Sangkar Faaraday untuk ruang uji coba pengguna. Namun, teralis besi sangkar tersebut telah dialiri oleh arus listrik yang besar, terhitung memiliki besaran yang sama dengan kekuatan halilintar.

“Tegangan listrik mahabesar dari Tesla Coil dialirkan ke sangkar melalui sebuah kabel. Namun, orang yang berada di dalamnya tidak akan tersetrum meski terbuat dari besi. Hal itu disebabkan aliran listrik telah dihantarkan ke Bumi atau dikenal dengan istilah grounded. Cara kerjanya mirip seperti penangkal petir di rumah,” ungkap dia.

Meski demikian, pengguna tidak diperkenankan mengeluarkan anggota bada selama dalam sangkar.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2015/05/07/56/1146125/rahasia-aman-tersambar-petir-ala-ilmu-fisika
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page