Kamis, 21 April 2016

Stephen Hawking dan Mark Zuckerberg Siapkan Misi Berburu Alien

Stephen Hawking telah bekerja sama dengan miliarder Rusia Yuri Milner dan Mark Zuckerberg untuk meluncurkan misi perburuan alien paling ambisius dalam sejarah. Proyek senilai 100 juta dolar AS yang disebut Breakthrough Starshot ini akan mengandalkan penerbangan layar kecil yang disebut 'pesawat nano' yang terbang didorong oleh berkas cahaya ke alam semesta. "Nanocraft" ini akan melakukan perjalanan ke sistem bintang Alpha Centauri sejauh 25 triliun mil (4,37 tahun cahaya)

Untuk misi dua puluh tahun mencari kehidupan asing. "Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, kita dapat melakukan lebih dari sekadar menatap bintang-bintang, kita bisa menjangkaunya," kata Yuri Milner, pendiri Breakthrough Initiatives, seperti dikutip PR Online dari laman Daily Mail, Selasa (12/4/2016).

Setiap 'perahu layar antarbintang' ini diproyeksikan membawa kamera dan built in GPS untuk pencarian planet layak huni di kedalaman antariksa.


"Bumi adalah tempat yang indah, tapi mungkin tidak berlangsung selamanya," komentar Stephen Hawking. "Cepat atau lambat, kita harus melihat ke bintang-bintang. Breakthrough Starshot adalah langkah pertama yang sangat menarik dalam perjalanan tersebut."

Kata Hawking, dengan berkas cahaya, layar ringan dan pesawat ruang angkasa paling ringan yang pernah dibangun kita bisa meluncurkan misi ke Alpha Centauri dalam satu generasi.

Program riset dan penelitian senilai 100 juta dolar AS ini akan mencari bukti konsep penggunaan berkas cahaya untuk mendorong nanocraft super ringan 20 persen dari kecepatan cahaya.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/04/13/56/1361554/stephen-hawking-dan-mark-zuckerberg-siapkan-misi-berburu-alien
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page