Jumat, 22 April 2016

Kursi Elektrik di Film X-Men Diciptakan

Ilmuwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menciptakan kursi roda elektrik yang berbasis sinyal otak atau dikenal dengan electro enchepalo graphy (EEN). Kursi roda elektrik ini seperti kursi milik Profesor Xavier yang terlihat di film X-Men. Peneliti tersebut bernama Arjon Turnip. Kursi roda ini dirancang untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam menggerakkan dan mengendalikan kursi roda.

Peneliti unit pelaksana teknis UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI itu menjelaskan, riset atas teknik ini telah dimulai sejak 2012 saat Arjon masih menuntut ilmu di Jepang.

Di Negeri Sakura itu, Arjon belajar prinsip kerja kursi roda elektrik yang menggunakan penguat gelombang sinyal dari otak yang kemudian diproses oleh komputer dan diterjemahkan dalam bentuk sinyal ke motor penggerak kursi.


Pengguna kursi diharuskan memakai penutup kepala khusus yang terhubung dengan kabel. Kursi ini merupakan purwarupa yang masih akan terus dikembangkan dengan banyak perbaikan.

Ke depan, Arjon bersama tim akan memperbaiki kinerja serta akurasi dari mesin kursi ini. Nantinya kursi ini diharapkan bisa diproduksi di Indonesia agar bisa membantu para penyandang disabilitas yang hingga kini belum mendapatkan fasilitas dari pemerintah.

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/04/12/56/1361142/kursi-elektrik-di-film-x-men-diciptakan
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page