Jumat, 29 April 2016

Mengapa Langit Bisa Terlihat Biru & Merah?

Pernahkah terpikir di pikiran Anda, bagaimana awan bisa berwarna putih? Ternyata warna putih itu disebabkan oleh aktivitas sinar matahari. Seperti diketahui, sinar matahari mengandung semua warna yang ada. Kesemua warna itu adalah spektrum matahari yang terlihat. Warna-warna tersebut bisa berupa biru, violet, hingga merah. Ketika sinar matahari menembus atmosfer, sinar itu akan terhamburkan melalui partikel dan molekul udara kecil.

Fenomena ini terjadi secara acak dan tersebar ke berbagai arah. Di udara bersih, ada beberapa partikel, sehingga cahaya akan tersebar terutama oleh nitrogen dan oksigen. Molekul udara sendiri menghamburkan cahaya biru lebih kuat dari lampu merah.

Karena cahaya biru akan tersebar dengan molekul lebih dari warna lain cahaya, cahaya yang mencapai mata manusia mengandung lebih biru. Jika langit tidak biru di siang hari, itu berarti udara berdebu atau berkabut.


Situasi ini berbeda ketika sedang melihat langit saat matahari terbenam. Sinar matahari melakukan perjalanan lebih jauh melalui atmosfer Bumi akibatnya warna biru akan tersebar jauh dan warna yang tidak tersebar yakni merah dapat lebih terlihat. Demikian seperti dikutip dari science-niblets, Minggu (10/4/2016).

sumber:
http://techno.okezone.com/read/2016/04/10/56/1359074/mengapa-langit-bisa-terlihat-biru-merah
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page