Rabu, 03 September 2014

Apakah Mars Tampak Sebesar Bulan ???

Tidak asing dengan pesan ini? Tentu saja! Ini pesan yang disebar semenjak tahun 2003. Redaksi kalimatnya sedikit berubah dari pesan awal yang 11 tahun lalu dikirimkan tapi idenya sama saja. Mars akan tampak sebesar Bulan Purnama di langit malam, dan masyarakat Bumi akan melihat Bulan kembar di langit! Spektakuler bukan? Fenomena menarik? Tertarik berbagi? Dan anda pun akan mulai meneruskan pesan yang sama

Kebiasaan buruk atau insting karena rasa ingin tahu yang besar dan ingin berbagi fenomena menarik ke semua teman? Apakah sedemikian sulit dan merepotkan untuk melakukan pengujian terkait berita yang diterima?

Padahal untuk menguji kebenaran berita tersebut tak membutuhkan upaya berupa perjalanan jauh atau harus mencari koran atau buku di toko buku atau penjual koran. Pengujian hanya sejauh melakukan pencarian dengan kata kunci “Mars sebesar Bulan atau Mars as big as Moon” lewat mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo dan jawabannya akan diperoleh dalam sekejap. Benar-benar dalam sekejap! Hanya beberapa detik tergantung koneksi internet anda!

Yang dibutuhkan hanya kemauan untuk melakukan pengujian berita dan kemampuan untuk berpikir apakah mungkin planet Mars yang tampak seperti titik di langit malam itu bisa sebesar Bulan?


Berita Mars yang beredar merupakan berita tahunan yang dikenal sebagai Mars Hoax. Artinya ini merupakan berita yang salah tentang Mars. Versi awal berita Mars tersebut menyebutkan jika ingin melihat Mars sebesar Bulan saat dilihat dengan mata telanjang, maka lihatlah dengan teleskop yang perbesarannya 75 kali. Tapi sayangnya, berita itu kemudian hanya tersisa Mars sebesar bulan dilihat dengan mata telanjang atau mata tanpa alat.

Dimana salahnya?
Pada tahun 2003, tepatnya tanggal 27 Agustus 2003 alias 27 Agustus 11 tahun yang lalu! Catat yah sebelas tahun lalu bukan sekarang! Kala itu Mars sedang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi pada jarak 55.758.006 km (55,7 juta km!), dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus 2003. Berita tentang kejadian menarik ini pun menyebar dan masyarakat pun berbondong-bondong datang ke Observatorium Bosscha, Planetarium Jakarta, dan ITB untuk ikut mengamati fenomena tersebut, karena memperoleh berita yang salah bahwa Mars akan tampak sebesar Bulan dengan mata tanpa alat.

Pada bulan Agustus 2003 tersebut, diameter sudut Mars atau penampakan semu atau besar piringan sebuah obyek lingkaran dari posisi pengamat, hanya 25 detik busur. Ukuran 25 detik busur ini sangat kecil dibandingkan dengan diameter sudut Bulan yakni 31 menit busur ( 1 menit busur = 60 detik busur).

Sumber:
http://langitselatan.com/2014/08/27/mars-tidak-akan-tampak-sebesar-bulan/

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page