Minggu, 17 April 2011

Penemuan Galaxy Termuda Dengan Teleskop NASA

Pasadena, California, Para astronom telah menemukan salah satu galaksi termuda di alam semesta, dengan bintang-bintang yang terbentuk 13,5 miliar tahun yang lalu, sekitar 200 juta tahun setelah Big Bang. Temuan tentang kapan galaksi pertama muncul, dan bagaimana awal alam semesta berevolusi.

teleskop luar angkasa Hubble menjadi yang pertama dalam penemuan galaksi yang baru ditemukan. pengamatan dari W.M. Keck Observatory di Mauna Kea di Hawaii mengungkapkan bahwa  tahun cahaya diamati ketika alam semesta berumur 950 juta tahun dan alam semesta ini terbentuk sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu.

galaksi ini bukan yang paling jauh yang pernah diamati, tetapi itu salah satu yang termuda yang pernah diamati. Biasanya, galaksi seperti ini agak samar dan sulit untuk dipelajari, tetapi, alam telah memberikan kaca pembesar kosmik kepada para astronom. Gambar mengenai galaksi sedang diperbesar oleh gravitasi dari sekelompok besar galaksi yang berada di depannya, sehingga tampak 11 kali lebih terang. Fenomena ini disebut lensa gravitasi.

"Tanpa lensa besar di ruang angkasa, kita tidak bisa belajar lebih detil pada galaksi ini dengan fasilitas yang tersedia saat ini," kata co-penulis Eiichi Egami dari University of Arizona di Tucson. "Terima kasih kepada alam, kita memiliki kesempatan besar untuk bisa melihat alam semesta kita seperti ribuan tahun lalu."

Temuan tersebut mungkin membantu kita dalam menjelaskan bagaimana awal alam semesta ini menjadi "reionized." Pada titik tertentu dalam sejarah awal alam semesta ini, kita dialihkan dari zaman kegelapan yang disebut dengan jangka waktu cahaya, seperti bintang-bintang pertama dan galaksi mulai menyala. cahaya bintang ini terionisasi atom hidrogen netral yang mengambang di angkasa.
galaksi memiliki bintang-bintang yang terbentuk sekitar 200 juta tahun setelah big bang, hal ini membantu para astronom zaman reionisasi kosmik. Ketika galaksi ini berkembang dalam keadaan yang panas, bintang muda akan terionisasi oleh sejumlah besar gas hidrogen netral dalam ruang intergalaksi. Sebuah populasi galaksi serupa mungkin juga bisa terkontribusi melalui reionisasi ini, dimana para astronom mungkin melihatnya terlalu samar tanpa adanya efek pembesar dari lensa gravitasi. 

sumber: http://www.nasa.gov/






Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Home
Reload page